Halaman

Manajemen Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Sampah Rumah Tangga
Manajemen pengelolaan sampah rumah tangga. Sebelum ini sudah banyak yang membahas masalah pengelolaan sampah rumah tangga ini. Namun di sini, kita akan mencoba membahas kembali isu tersebut. Ada beberapa hal sederhana dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang dapat anda terapkan dirumah, semoga dapat memudahkan pengeololaan sampah rumah tangga anda.

  1. Yang pertama dalam pengelolaan sampah, pasangkan plastik di tempat sampah. Plastik harus menutup seluruh bibir tong sampah sehingga tidak ada sampah yang terlepas jatuh megenai tempat sampah itu sendiri. Jika tempat sampah kotor, bertambah pula kerja kita untuk membersihkan tempat sampahnya. Plastik yang digunakan juga harus dipastikan tidak robek atau bocor. Tujuannya sama seperti di atas.

  2. Manajemen pengelolaan Sampah rumah tangga berikutnya, jika tempat sampah yang anda gunakan sudah penuh, lansung bungkus dan buang. Jangan tunggu sampai sampah melimpah keluar dari tempatnya, dapat mengotori lantai dan daerah sekitarnya. Jika belum sempat untuk membuang sampah, tapi didalam tempat sampah mengandung sampah basah, paling lama dapat disimpan selama 1 hari. Biasanya jika lebih dari 1 hari, Anda akan melihat ulat yang muncul di dalam tempat sampah.

  3. Langkah pengelolaan Sampah yang ke tiga. Pastikan setelah sampah dibuang, Anda lansung mengganti plastik baru di dalam tong sampah agar bisa lansung menampung sampah yang baru. Jika lambat atau lalai mengganti plastik, dikhawatirkan ada orang yang kurang bertanggung jawab membuang sampah ke dalam tong sampah yang belum dilengkapi plastik.

  4. Terakhir dalam manajemen pengelolaan Sampah rumah tangga. Ketika nampak tong sampah sudah terlalu kotor, cucilah tempat sampah tersebut. Ini bertujuan agar penyakit tidak berkembang di dalam tong sampah. Dan juga agar tidak tampak kotor dan menjijikkan di mata kita dan orang lain.

Bersih dari sampah, rumah pun jadi sehat. Selamat memanajemen pengelolaan Sampah rumah tangga.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...