Halaman

Cara Hemat Listrik

go green hemat listrik
Tips Seputar Rumah. Kenaikan BBM dan tarif dasar listrik memaksa kita untuk lebih hemat menggunakan pemakaian listrik di rumah kita. Selain hemat pengeluaran upaya hemat listrik juga bentuk partisipasi kita dalam pelestarian lingkungan dan energi.Tips cara hemat menghemat listrik rumah anda, hemat listrik untuk pelestarian lingkungan dan energi

Berikut ini bagaimana cara menghemat listrik yang bisa lansung kita aplikasikan dirumah:

1. Gunakan lampu hemat energi, lampu neon hemat energi juga memberikan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan lampu pijar.

2. Utamakan memilih alat-alat elektronik dengan fasilitas hemat energi saat membeli alat-alat elektronik baru.

3. Gunakan alat-alat elektronik anda dengan bijak, gunakan seperlunya, matikan ketika tidak digunakan dan cabut kabelnya jika tidak akan digunakan dalam waktu lama.

4. Jika anda menggunakan pompa air, gunakan tangki air dan buat jadwal hidup pompa air. Gunakan air dengan hemat.

5. Buat sistem sirkulasi udara yang baik di rumaha anda, serta tanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah. ini akan menekan suhu udara sehingga anda tidak perlu menggunakan AC.

6. jika anda menggunakan AC, atur suhu AC anda seperlunya. suhu AC yang lebih dingin membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. bersihkan AC secara teratur.

7. Buat sistem pencahayaan yang baik di rumah anda sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu di siang hari.

8. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. gaunakan pengering bila hanya benar-benar perlu.

9. Buat jadwal menyetrika seminggu sekali, karena proses pemanasan setrikaan memerlukan daya listrik yang cukup besar.

10. Bersihkan kulkas secara rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya, jangan dibuka tutup terlalu sering dan tutup dengan rapat.

11. Perhatikan meteran listrik dan segera evaluasi jika terjadi lonjakan penggunaan.

12. Rawat instalasi listrik di rumah anda dan gunakan alat-alat elektronik yang sesuai.

13. Pilih menggunakan laptop dibandingkan desktop, atau kalau harus menggunakan desktop gunakanlah layar lcd. laptop dan layar lcd lebih hemat energi.

9 komentar:

  1. Tips yang sangat bermanfaat...yang penting, save our earth dengan berhemat energy....sukses untuk anda...

    BalasHapus
  2. bermanafaat dan perlu jadi perhatian bersama,,

    BalasHapus
  3. Ini sangat bagus, tapi bagus lagi lebih menghemat dari ini yaitu menghemat 10-40%, ini ada alatnya saya sudah pakai juga, alat ini tidak merugikan PLN karena kenyataanya PLN kewalahan mencupi kebutuhan listrik saat ini, PLN malah senang karena PLN juga minta pada konsumen supaya berhemat. Kerja alat ini adalah memperkecil daya induktif dengan cara mengunakan daya dapasitif ini utamanya untuk peralatan yang menggunakan belitan dalam operasionalnya seperti AC,TV,Kulkas,Kipas angi, Mesin cuci, Pompa air dll.

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak infonya.
    ilmudes.blogspot.com

    BalasHapus
  5. thanks buat lirik lagunya, kawan... sangat bermanfaat sekali

    http://goo.gl/qrCa8F

    BalasHapus

Tanggapan Anda ???

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...