Laman

Tips Inspirasi Taman Jepang

Tips Inspirasi Taman Jepang
Tips Seputar Rumah. Taman Jepang berdasarkan tipenya secara umum, kita dapat mengelompokkan menjadi lima jenis taman jepang :

1. Taman Air atau Taman Danau

Memiliki ukuran paling besar dari tipe taman jepang lainnya, sehingga objek yang ada di dalamnya menjadi lebih banyak dan paling beragam dari taman-taman lain.

Taman jepang jenis ini umumnya memiliki kolam serta aliran air dan air terjun, dilengkapi jembatan bulan yaitu jembatan berbentuk lengkung diatas kolam. Taman jepang jenis ini juga memiliki patung-patung yaitu patung kura-kura yang melambangkan umur panjang dan patung angsa yang melambangkan kesehatan. Dibandingkan dengan taman-taman lain taman jepang ini juga memiliki jenis tanaman yang lebih beragam.

2. Taman Alami atau Natural

Taman Jepang jenis ini dirancang sedemikian rupa agar menyatu dan menjadi bagian dari alam sekitarnya. Karena taman Jepang jenis ini dirancang menyatu dengan alam membuat taman Jepang ini bisa ditinggali burung-burung dan hewan pengerat seperti mermut, kelinci atau tupai.

Taman jepang ini di dominasi oleh tumbuhan lumut dan menjadi semakin sempurna jika memiliki kolam dan aliran air alami. Kadang kala juga dilengkapi gazebo yang dalam bahasa jepang disebut Azumaya.

3.Taman Batu dan Pasir

Berkembang sejak era Muromachi dan menggambarkan filosofi Zen, biasanya dipakai para pendeta untuk bermeditasi. Taman Jepang jenis ini umumnya dikelilingi tembok dinding yang indah dan dekoratif.

Sesuai dengan namanya taman Jepang ini terdiri dari batu dan pasir. Pasir ditata dengan rapi dalam bentuk bidang-bidang persegi yang teratur. Jumlah batu disusun menurut tradisi 15 buah dalam kelompok dua, tiga dan lima, kadang kala batu yang ada ditumbuhi lumut sebagai aksen.

Taman batu dan pasir dalam konsep zen memberikan kesan ruang dan kehampaan. dengan taman batu dan pasir diharapkan membersihkan pikiran dari hal-hal duniawi dan membuat meditasi berjalan dengan baik. Pendapat lain mengatakan batu mewakili kepulauan jepang dan pasir adalah lautnya.

4. Taman Teh

Taman jepang jenis ini berkaitan dengan upacara minum teh yang dilakukan di jepang, taman jepang untuk upacara minum teh ini terdiri dari dua bagian, taman luar dan taman dalam, dalam taman teh ini juga terdapat sebuah rumah tempat upacara minum teh berlangsung. Bagian-bagian dalam taman jepang ini batu, lentera batu dan tempat air dari batu adalah satu kesatuan simbolik yang saling berhubungan.

Taman dalam adalah taman yang bersifat privat dan hanya dinikmati dari rumah teh, sementara taman luar berguna untuk tempat tunggu bagi tamu yang biasanya dilengkapi tempat duduk dari kayu.

Taman teh ini dilengkapi wadah air dari batu tempat membasuh diri sebagai simbol penyucian diri bagi orang yang akan masuk ke rumah teh.

5. Taman Datar

Taman Jepang jenis ini adalah perpaduan taman alami dan taman batu-pasir. bagian utama dari taman ini adalah hamparan pasir putih dan batu berbentuk melingkar dikelilingi rumput, bentuk taman ini menyimbolkan kecerahan dan kegembiraan. Pengunjung taman Jepang ini bisa menginterpretasikan sendiri makna susunan batu dan pasir yang ada didalamnya.

Bagian-bagian yang biasa ada dalam taman jepang jenis ini adalah batu dan pasir, tumbuhan sejenis jepara, lumut tanaman bunga dan rumput.

Secara umum wadah air dari batu, saluaran air dari bambu, batu alam, pasir putih, lentera batu, jembatan lengkung, ikan koi adalah ciri khas dari taman jepang.

1 komentar:

Bagaimana Menurut anda ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...